Tetap Sehat di Usia Lanjut


Sehat di Usia TuaNikmat umur dan nikmat sehat yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala pada kita hendaknya senantiasa disyukuri. Berapa pun usia kita saat ini, sebaiknya kita mulai menerapkan pola hidup sehat. Dengan begitu, jika Allah subhanahu wa ta’ala menghendaki kita mencapai usia lanjut, maka insya Allah akan semakin memperbesar peluang menikmati tubuh yang tetap sehat.

 SELALU BERPIKIR POSITIF

Awali usaha hidup sehat kita dengan senantiasa berpikir positif, yaitu menyikapi sesuatu dengan penuh prasangka baik, karena ini merupakan satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Dengan berpikir positif, kita akan terbebas dari tekanan atau pikiran yang penuh dengan perasaan was-was,

Selain itu, jika kita pandai memanfaatkan waktu, maka insya Allah kita tidak perlu lagi menyesal ketika masa tua sudah benar-benar datang. Cara berpikir yang optimis akan lebih bermanfaat daripada kita terus membebani diri dengan pikiran bahwa kita akan menderita di masa tua, sakit-sakitan, dan tidak bahagia. Dengan begitu, kita akan termotivasi untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

TERAPKAN POLA MAKAN YANG SEHAT

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menu makanan yang sehat jika dikombinasikan dengan aktivitas fisik dan mental yang teratur, dapat membantu  kita  hidup  lebih  sehat dan berkualitas. Di samping mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perhatikan pula besarnya porsi sajian. Satu  hal  yang  perlu digaris bawahi, hendaknya kita memilih aneka ragam makanan padat gizi, karena kita tidak dapat menggantikan makanan bergizi seimbang dengan suplemen apapun. Ada  beberapa  hal  penting seputar makanan yang harus diperhatikan, antara lain;

© Banyak  mengonsumsi makanan berserat.

Menu makanan berserat tinggi dapat mencegah sembelit (susah buang air besar) dan menurunkan berbagai risiko penyakit usus, termasuk kanker usus. Serat turut meiindungi tubuh dari kemungkinan terkena penyakit kencing manis, sakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

© Minum banyak cairan.

Air sangat penting bagi kesehatan, Minumlah banyak cairan non alkohol dan bebas kafein setiap hari. Tentunya banyak mengonsumsi air putih akan lebih baik. Kurangnya asupan air dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti sembelit, gangguan fungsi ginjal, serta terbentuknya batu ginjal.

© Kurangi lemak dan kolesterol.

Lemak jenuh seperti yang terkandung dalam mentega, keju, krim, daging, unggas, coklat, dan minyak kelapa bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Seiain itu, kita juga harus membatasi konsumsi lemak trans yang terkandung dalam berbagai minyak hasil hidrogenasi (hydrogenated oils), karena lemak trans ini dapat meningkatkan kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat), tapi justru menurunkan HDL (kolesterol baik), Semua makanan hewani mengandurig kolesterol, terutama kuning telur dan jeroan. Sedangkan beberapa lemak yang cukup aman dikonsumsi adalah lemak tak jenuh ganda (poly unsaturated fat) yang berfungsi menurunkan kolestero! dalam darah. Selain itu, kita dapat memilih minyak zaitun dan kacang-kacangan karena rnengandung lemak tak jenuh tunggal (mono unsaturated fat) yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

© Batasi garam.

Kebanyakan orang mengonsumsi banyak garam dalam makanan sehari-hari. Padahal, kita hanya butuh kurang dari seperempat sendok teh gararn setiap harinya untuk mengatur keseimbangan cairan. Batasi makanan olahan seperti makanan kalengan (sarden, kornet) dan beberapa makanan olahan (sosis, dan lain-iain) karena memiliki kandungan garam yang tinggi,

© Jauhi minuman keras.

Sebagai umat Islam, wajib menjauhi minuman keras. Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya telah melarang meminum khamr/ minuman keras karena mengandung kemadharatan/bahaya. Di antaranya, meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, penyakit hati (hepar), dan pankreas. Minuman keras juga meiemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga orang menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

hal 13 baituna

Sumber: baituna edisi 02/thn. XIII/ Jumadil Ula 1430 H/ Mei 2009 M, hal. 12-13

Catatan: Untuk memperbesar tulisan yang ada di mode gambar, klik gambar, kemudian klik sekali lagi untuk memperbesar.

One thought on “Tetap Sehat di Usia Lanjut

Komentar ditutup.